Plesirunik.com

Paket wisata Plesir Unik di Bogor

Menu
Jam Kerja : 08.00-17.00 WIB, Customer Service : Mr. Ovick Telp/sms/wa : 081290013919, Pin BB : D0A6EA3

Paket Program Sehari Penuh

PAKET PROGRAM SEHARI PENUH 08.00 sampai pukul 22.00 WIB (TELUSUR LEMBUR LELUHUR)

Dina hiji mangsa bakal ngadeg gedong hejo anu bahanna aya di leuwi curug, leuwi sangiang jeung nu sawarehna aya di girang. Ciri ngadegna gedong hejo lamun tilu iwung geus nangtung nu engke katelahna awi tangtu. Didinya bakal ngadeg gedong hejo di tonggoheun leuwi sangiang (Sesepuh Jasinga)

Berziarah kepada leluhur/ tokoh perkembangan islam di Jasinga

JASINGA SPIRITUAL :
  • Situs Garisul makam raja – raja islam
  • Situs Syekh Muhyidien
  • Situs Syekh Syohib
  • Pemandian Air Panas
  • Pemakaman Purbakala Gunung Kulantung buyut surabaya dan nyai bentang (Luang Waktu)

JASINGA

Oleh orang-orang tua dulu Jasinga disebut juga Bogor-Banten, bahkan juru pantun terkenal Sunda yaitu Aki Buyut Baju Rambeng berasal dari daerah Bogor-Banten atau yang tinggal di daerah Pegunungan Tonggoheun Jasinga. Disebut Bogor-Banten karena posisiya berbatasan langsung dengan wilayah Banten. Tidak hanya batas wilayah tetapi ditinjau dari budaya, perilaku serta dialek bahasa mirip sekali dengan masyarakat Banten yang sebagian tidak terpengaruh dengan budaya Priangan. Kini Jasinga termasuk wilayah administrasi Kabupaten Bogor.

Ada beberapa versi mengenai asal usul nama Jasinga antara lain :

  1. Mitos seekor Singa yang melegenda, jelmaan dari tokoh-tokoh Jasinga.
  2. Pembukaan lahan yang dilakukan oleh Wirasinga, hingga nama lahan tersebut dijadikan nama Jasinga atas jasa Wirasinga.
  3. Jayasingharwarman (358-382 M) Raja Tarumanagara I yang mendirikan Ibukota dengan nama Jayasinghapura.
  4. Dua dari tujuh ajaran Sanghyang Sunda yaitu Gajah lumejang dan Singa bapang yang digabungkan menjadi Jasinga.

Jasinga tidak layaknya seperti legenda-legenda di Jawa Barat lainnya yang begitu percaya adanya Harimau Pajajaran serta dijadikan lambang atau filosofi tertentu. Masyarakat Jasinga meyakini adanya seekor Singa, hingga pusat kecamatan dilambangkan sebuah Tugu Singa.

SITUS GARISUL MAKAM RAJA RAJA ISLAM JASINGA

Garisul adalah Nama sebuah Perkampungan umum,letak persisnya berada si Desa kolong Sawah Kecamatan Jasinga dengan jarak 1300 m ke arah Utara. Komplek Pemakaman Kuno,dengan Luas area 3000 menghadap Barat.Data-data yang di peroleh peninggalan Kesejarahaan ini berkisar sekitar abad ke 15-16 M yang dalam Dekade tertentu merupakan peninggalan jaman Perkembangan dan Kebudayaan Islam. Diketahui lebih lanjut pada salah satu peninggalannya menujukkan angka 1021-1031 Hijriah.

Diantara kumpulan makam kuno tersebut ada 9 Makam utama yang merupakan Simbol dari Kepemimpinan ,dari Bentuk Bangunan di ketahui mempuyai Ciri-ciri tersendiri yang merupakan pengaruh kebesaranya.Analisis ini di ambil berdasarkan Makam serta Ketinggian Batu Nisan.
Hasil pengamatan dapat diketahui bahwa diantara ke 9 Makam Kuno tersebut terdapat nama Syekh ishak,Panglima Sultan Hasanudin Banten dan para istrinya,salah satu di antaranya adalah Putri Raja dari Kerajaan Kediri

SITUS SYEIKH MUHIDIN JASINGA

Tidak begitu jauh dari jalan utama penghubung provinsi jawa barat – banten, terdapat sebuah pusara pemuka agama yang menjadi kunjungan banyak orang dalam penyegaran spiritual,

Lokasi yang sangat nyaman dan asri, selain dari sisi spiritual di lokasi inipun menyajikan panorama pedesaan dengan sawah – sawah yang luas menghampar.

SITUS SYEIKH SOHIB JASINGA

Hampir menunuju ujung perbatasan jasinga, disebuah desa, meniti jalan setapak di tengah persawahan, terdapat hutan kecil dengan rimbun pepohonan yang sangat rindang terdapat beberapa makam yang diantaranya adalah Syeikh Sohib, yang merupakan tokoh agama dan penyebar agama islam dalam sejarah perkembangan di jawa barat khususnya bogor – banten. Lokasi yang sangat nyaman dan menyegarkan, dimana angin bertiup sepoi – sepoi sambil menikmati luasnya sawah terbentang dan hijaunya pegunungan jasinga. Yah memang tempat yang cocok untuk menjadi tujuan wisata, selain keluar dari hiruk pikuknya seperti biasa dan kesibukan yang telah menjadi rutinitas adalah berziarah dan bersilaturahmi kepada warga daerah setempat dalam kesibukannya di persawahan.

GUNUNG KULANTUNG

Perjalanan dilanjutkan menuju pemakanan tua gunung kulantung, kembali menyusuri pematang sawah dan meniti pesawahan..Menuju perbukitan rimbun yang asri dimana terdapat makam sesepuh/tokoh jasinga Mbah Buyut Surabaya dan Nyai Bentang..

KOLAM RENANG AIR PANAS

Setelah berlelah – lelah ria.. Perjalanan terakhir menuju kolam renang air panas yang di percaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan merupakan terapi kesegaran setelah berkeliling, dan perjalanan pulang dilanjutkan dengan kebugaran serta ketenangan spiritual untuk menjalani kehidupan dan rutinitas agar lebih baik

Perlengkapan Peralatan yang sebaiknya dibawa :

1.Jas Hujan

2.Payung

3.Baju Ganti

4.Obat – Obatan Pribadi

5.Sendal Jepit

Dilarang

1.Membawa minuman beralkohol

2.Membawa obat – obatan terlarang

3.Mengotori lingkungan tujuan kunjungan

4.Berkata yang tidak pantas di setiap lokasi kunjungan

November 2018
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Plesirunik.com

Paket wisata Plesir Unik di Bogor

JL. Parayoga II Perum BCE Blok A5/17 RT. 02/10 Sukahati Cibinong Jawa Barat
081290013919
081290013919
D0A6EA3
081290013919
birrunyafathir@gmail.com